Resep Mudah Chocolate Yule Log (Bûche de Noël)

Like comments off

Chocolate Yule Log (Bûche de Noël).

Chocolate Yule Log (Bûche de Noël)
Kamu dapat membuat sendiri Chocolate Yule Log (Bûche de Noël) dengan mudah menggunakan 18 bahan dan 13 langkah. Berikut cara untuk kamu membuat sendiri Chocolate Yule Log (Bûche de Noël) anti gagal.

Bahan-bahan untuk membuat Chocolate Yule Log (Bûche de Noël)

  1. Sediakan Cake Roll.
  2. Sediakan 4 telur fresh.
  3. Sediakan 140 gr gula pasir.
  4. Sediakan 1 sdt espresso powder/coffee granule.
  5. Sediakan 2 sdm minyak zaitun.
  6. Sediakan 70 gr tepung protein sedang.
  7. Sediakan 25 gr coklat bubuk dutch process.
  8. Siapkan 1/4 sdt garam.
  9. Siapkan secukupnya icing sugar untuk taburan.
  10. Sediakan Filling.
  11. Sediakan 150 gr cream cheese lunakkan.
  12. Siapkan 1/2 sdt vanilla extract.
  13. Siapkan 1-2 sdm icing sugar.
  14. Sediakan 200 ml whipping cream kocok medium peak.
  15. Siapkan Frosting (chocolate whipped ganache).
  16. Sediakan 150 gr DCC.
  17. Sediakan 240 ml whipping cream.
  18. Siapkan Hiasan sesuai selera.

Instruksi pembuatan Chocolate Yule Log (Bûche de Noël)

  1. Mixer gula dan telur hingga kental berjejak. saya 10 menit. sesuaikan mixer masing masing.Masukkan minyak zaitun dan kopi, mixer rata..
  2. Campur tepung, coklat bubuk, dan garam, lalu ayak, masulkan ke adonan setengah bagian dulu, aduk dengan whisk, hati-hati agar udara yang terbentuk tetap terjaga. Lalu lanjutkan dengan setengah bagian tepung yang lain..
  3. Siapkan loyang ukuran 26x26cm atau 27x27cm, olesi mentega, alasi baking paper dan oles bagian dindingnya.Tuang adonan ke dalamnya, hentakkan beberapa kali agar udara keluar dan cake tak berongga saat sudah matang..
  4. Panggang dalam oven suhu 180-190°C selama 12-14 menit. Anda perlu terbiasa agar permukaan kering sempurna, jika basah akan lengket saat digulung, jika terlalu kering akan retak..
  5. Keluarkan cake dari oven, sisir tiap sisi dengan pisau agar mudah keluar, tabur permukaan cake icing sugar rata..
  6. Tutup serbet bersih,lalu balikkan dengan cepat, angkat loyang,lepas baking paper, tabur permukaan dengan icing sugar..
  7. Gulung cake dengan serbet di bagian dalam, lakukan dengan cepat,mantap, dan agak menekan, lalu biarkan dingin diatas kawat pendingin..
  8. Sementara cake dingin, buat filling dengan mixer cream cheese lunak, vanilla dan icing sugar hingga lembut kemudian tambahkan whipped cream (whipping cream yang sudah dikocok disebut whipped cream), aduk rata, masukkan ke piping bag agar mudah diaplikasikan, atau cukup dengan spatula..
  9. Frosting : (sebaiknya dibuat paling awal karna harus didinginkan dalam waktu yang cukup lama) Letakkan DCC di mangkok. Panaskan whipping cream hingga berbuih hampir mendidih, lalu tuang ke cincangan DCC, BIARKAN 5 MENIT TANPA DIADUK, setelah 5 menit, aduk hingga glossy lalu dinginkan suhu ruang, lanjutkan simpan kulkas sampai sulit untuk disendok. (lihat resep).
  10. Mixer frosting yang sulit disendok itu kecepatan tinggi hingga kokoh stiff. Anda perlu hati hati, jangan sampai kebablasan, karna bila terlalu lama teksturnya akan bergerindil, dan bila itu terjadi anda harus memulainya lagi dari awal dan butuh waktu yang lebih lama lagi.Jadi lebih baik cek beberapa kali sebelum sampai pada konsistensi yang tepat..
  11. ASSEMBLY : Buka gulungan cake, isi dengan filling lalu gulung lagi tanpa serbet didalam, letakkan di tempat saji, potong cake jadi 2/3 bagian dan 1/3 bagian..
  12. Bagian 1/3 cake diambil dan tempelkan di 2/3 bagian lain sehingga nampak seperti potongan kayu /log. Rapatkan sambungan dengan frosting.
  13. Lanjutkan frosting ke seluruh bagian cake, ambil garpu dan buat guratan seperti kayu, hias dan selesai. Cake tahan 3 hari di kulkas (jika keluarga anda sanggup mungkin tak akan sampai sehari cake sudah habis..😁🤭) Selamat mencoba..

You might like

About the Author: Tami Situmorang

Kita belajar dari masakan orang lain, lalu kita mulai membuatnya sendiri.