Resep: Soto ayam santan kuning

Like comments off

Soto ayam santan kuning. KOMPAS.com – Soto ayam kuah kuning yang hangat dapat dibikin untuk santapan keluarga saat cuaca dingin. Bumbu soto ayam kuah kuning di antaranya adalah kunyit, kemiri, ketumbar, serai, dan daun salam. Soto ayam santan kuah kuning. foto: Instagram/@sotokuning.pakyusuf.

Soto ayam santan kuning Pada dasarnya soto ayam yaitu masakan yang berkuah kuni dengan suwiran ayam di dalamnya. Soto ayam berkuah santan dengan warna kuning dikenal di daerah Bogor dan Medan. Soto ini memakai bumbu kuning dan santan sehingga rasanya gurih berempah.
Kamu dapat membuat Soto ayam santan kuning dengan mudah menggunakan 33 bahan dan 5 langkah. Berikut cara untuk kamu membuat sendiri Soto ayam santan kuning anti gagal.

Bahan-bahan untuk membuat Soto ayam santan kuning

  1. Siapkan 1 ekor ayam cuci bersih potong 8 atau sesuai selera.
  2. Siapkan 1 btg seledri ikat simpul.
  3. Siapkan 2 bks santan kara ukuran kecil.
  4. Siapkan 2,5 lt air.
  5. Siapkan secukupnya Minyak.
  6. Siapkan ☘️☘️ Bumbu dihaluskan.
  7. Sediakan 4 siung bawang putih.
  8. Sediakan 7 butir bawang merah.
  9. Siapkan 1 ruas jahe.
  10. Siapkan 1 ruas kunyit.
  11. Sediakan 7 butir kemiri.
  12. Sediakan 1 Sm ketumbar bubuk.
  13. Sediakan 1/2 st lada bubuk.
  14. Siapkan 🌸🌸 rempah daun.
  15. Siapkan 1 ruas Laos geprek.
  16. Sediakan 2 btg serai geprek.
  17. Siapkan 7 lbr daun jeruk.
  18. Siapkan 4 lbr daun salam.
  19. Sediakan 🌺🌺 penyedap.
  20. Siapkan 2 bks kaldu ayam.
  21. Sediakan 1 Sm penyedap.
  22. Siapkan 2 SM gula pasir.
  23. Sediakan 1 St garam (sesuai selera).
  24. Siapkan 🍋🍋🍋pelengkap.
  25. Siapkan Telor rebus.
  26. Siapkan Kentang goreng.
  27. Siapkan Tauge/ kol (opsional).
  28. Sediakan 4 btg daun bawang iris UK 1cm.
  29. Sediakan Kerupuk / emping (opsional).
  30. Siapkan Jeruk nipis/ lemon/ limo.
  31. Sediakan Bawang goreng.
  32. Sediakan Sambal.
  33. Sediakan Kecap manis.

Jika ingin membuat soto ayam yang enak, gunakan ayam kampung yang muda. Resep Soto Ayam Kuning yang Gurih, Sedap dan Spesial – Ingin menyajikan hidangan berkuah untuk keluarga di rumah? Salah satu menu pilihan yang Nah, berikut ini kami hadirkan aneka resep soto ayam kuning untuk anda, di antaranya ada soto ayam tanpa santan, soto ayam kuning santan. Kali ini Dapur Bu haji akan berbagi resep dan cara membuat soto ayam santan yang enak.

Tahap-tahap pembuatan Soto ayam santan kuning

  1. Didihkan air dan tambahkan serai, dan daun salam, kemudian ambil 1/2 liter air yg sudah mendidih ke panci yg agak kecil dan rebus daging ayamnya sampai berbuih dan sisihkan, dan buang airnya..
  2. Panaskan wajan dgn 5 SM minyak dan tumis semua bumbu halusnya sampai wangi dan tambahkan daun jeruk, Laos, lalu masukan daging ayamnya sambil terus diaduk rata biarkan bbrp saat sampai bumbu meresap di daging ayam, matikan api..
  3. Tuang bumbu dan ayamnya kedalam panci kuah dan masak sampai ayam matang, dan angkat ayamnya lalu tambahkan semua bumbu penyedap, daun seledri dan terakhir tambahkan 2 bks santan kara, icip rasa aduk sesekali Sampai mendidih dan matikan api..
  4. Ayamnya opsional ya, mau digoreng lagi atau tdk..
  5. Soto ayam siap disajikan dgn pelengkapnya..

Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Keduanya juga menggunakan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning. Bedanya, soto Medan menggunakan santan sehingga tekstur kuahnya lebih kental dan berwarna kuning pekat. RESEP BUMBU SOTO AYAM KUAH SANTAN KUNING. Masak apa ya hari ini, itulah pertanyaan yang sering terlontar hampir setiap harinya atau mencari ide apalagi untuk menu seminggu atau sebulan kedapan bagi yang sudah terbiasa menyusun agenda dan daftar list menu makan keluarga.

You might like

About the Author: Tami Situmorang

Kita belajar dari masakan orang lain, lalu kita mulai membuatnya sendiri.