Ide Resep: Tempe orek basah manis

Like comments off

Tempe orek basah manis. Lihat juga resep Orek tempe manis gurih enak lainnya. Bahan tempe orek basah hanya tempe kedelai, bumbunya pun simpel. Tempe bisa diolah menjadi berbagai masakan sedap, seperti tempe orek misalnya.

Tempe orek basah manis Welcome to Shebb's KitchenKali ini saya mau masak/share Orek tempe pedas manis kecap ala Shebb's Kitchen. Resep ini paling mudah dan sederhana dan rasanya. Orek tempe basah sudah menjadi menu keseharian yang populer di seluruh Indonesia, dari makan pagi hingga makan malam.
Kamu dapat membuat sendiri Tempe orek basah manis dengan mudah menggunakan 13 bahan dan 7 langkah. Berikut cara untuk kamu membuat sendiri Tempe orek basah manis anti gagal.

Bahan-bahan untuk membuat Tempe orek basah manis

  1. Siapkan 1 papan tempe.
  2. Siapkan 5 cabe hijau keriting.
  3. Siapkan 3 cabe hijau besar.
  4. Siapkan 2 sendok makan gula merah sisir.
  5. Siapkan 1 lembar daun salam.
  6. Siapkan Secukupnya garam.
  7. Sediakan Secukupnya lada.
  8. Siapkan Secukupnya kecap manis (sesuai selera).
  9. Siapkan Bumbu Halus.
  10. Siapkan 4 siung bawang merah.
  11. Siapkan 3 siung bawang putih.
  12. Siapkan 2 butir kemiri.
  13. Sediakan 1/4 sdt ketumbar.

Apalagi makanan yang satu ini memang nikmat ketika disajikan dengan menu lokal apapun. Menu klasik ini contohnya hadir di antara lauk-pauk nasi uduk yang dijual. Cara Membuat Tempe Orek Basah : Goreng tempe dalam minyak panas sampai setengah. Kucuri dengan kecap manis secukupnya sambil diaduk rata Tunggu sampai benar-benar matang dan kuah menyusut Meskipun dibuat dengan cara praktis, tapi resep orek tempe versi basah yang memiliki cita rasa manis, pedas, dan gurih ini sangat istimewa.

Tahap-tahap pembuatan Tempe orek basah manis

  1. Potong dadu tempe.
  2. Iris2 cabe dan sisir gula merah.
  3. Blender bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar).
  4. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum.
  5. Masukan tempe, gula merah, kecap manis dan air secukupnya.
  6. Jika sudah setengah matang, masukan cabe. Beri garam dan lada secukupnya. Dan tunggu sampe air menyusut. Koreksi rasa.
  7. Tempe orek basah siap dinikmati. Makan pakai nasi anget, telor ceplok, bawang goreng. Mantappp.

Kali ini admin menyajikan panduan cara membuat orek tempe basah kecap manis yang pedas dan enak. Tempe yang semula digoreng kering rasanya menjadi basah dan empuk karena tambahan sedikit air dan kecap. Orek tempe adalah makanan tradisional yang mudah dibuat di rumah. Berasal dari tanah Jawa, ini adalah olahan tempe yang dipotong-potong kecil dan dimasak dengan gula serta kecap. Di resep ini, aku pilihkan cara yang praktis untukmu mencobanya di rumah.

You might like

About the Author: Tami Situmorang

Kita belajar dari masakan orang lain, lalu kita mulai membuatnya sendiri.