Ide Resep: Spaghetti Brulee

  • Whatsapp

Spaghetti Brulee. Spaghetti Brulee, Pada dasarnya adalah resep lasagna, pasta lembaran, namun kita juga bs pakai spaghetti, dgn saus bechamel di atasnya lalu dipanggang, menghasilkan warna golden brown di atasnya. Campurkan tepung terigu, aduk sampai rata. Kemudian kita beralih ke bagian spagehtti bolognese.

Spaghetti Brulee Spaghetti dengan saus bolognese dan topping saus cream keju ini lagi viral di Instagram. Ordernya pun sampai antri-antri waiting list, jadi saya coba buat dari hasil mengamati dan disesuaikan dengan selera keluarga. Tumis bawang bombai dan bawang putih dengan minyak.
Kamu dapat membuat sendiri Spaghetti Brulee dengan menggunakan 18 bahan dan 10 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Spaghetti Brulee.

Bahan-bahan untuk membuat Spaghetti Brulee

  1. Siapkan Spaghetti Bolognese.
  2. Kamu butuh 2/3 bungkus spaghetti.
  3. Kamu butuh 250 gr daging sapi cincang.
  4. Siapkan 1 buah bawang bombay, cincang kasar.
  5. Kamu butuh 3 buah tomat besar, blender halus.
  6. Kamu butuh 3 sdm saus tomat botolan.
  7. Kamu butuh 1 sdt oregano.
  8. Siapkan 1 sdt garam.
  9. Siapkan 1 sdt gula.
  10. Kamu butuh 1 sdt kaldu jamur.
  11. Siapkan Saus Bechamel:.
  12. Kamu butuh 2 sdm butter.
  13. Kamu butuh 3 sdm terigu.
  14. Kamu butuh 250-300 ml cooking cream.
  15. Kamu butuh 3 sdm keju parmesan bubuk.
  16. Kamu butuh 1 blok (±200 gr) keju cheddar parut.
  17. Kamu butuh 80 gr keju mozarella parut.
  18. Siapkan sejumput parsley bubuk (boleh skip).

Masukkan spaghetti yang sudah direbus dan aduk hingga bumbu merata ke seluruh spaghetti. Tuang spaghetti ke dalam wadah tahan panas hingga full. TV – Sahabat KompasTV, Idul Adha bingung mau olah daging jadi apa? Boleh dicoba nih resep spaghetti brulee alias spaghetti panggang yang lagi hits banget!

Tahap-tahap pembuatan Spaghetti Brulee

  1. Panaskan oven dengan suhu 180°C, siapkan juga pyrex, wadah alufoil atau wadah tahan panas lainnya, ukuran 20×30 cm.
  2. Langkah 2-4 utk membuat spaghetti bolognese: spaghetti direbus dalam panci berisi air ±500ml dan diberi 1 sdm minyak sayur dan ½ sdt garam, rebus kira2 12-15 menit, setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Tumis bawang bombany dengan sedikit minyak sampai layu, masukkan daging cincang, blenderan tomat, saus tomat, garam, gula, oregano, kaldu jamur, aduk sampai matang, cicipi dan koreksi rasa..
  4. Jika saus terlihat agak cair, boleh tambah larutan maizena yg dicampur sedikit air, spy saus agak kental. Jika sudah pas rasanya, masukkan spaghetti yg sdh direbus tadi, aduk rata. Angkat.
  5. Langkah 5-7 utk pembuatan saus Bechamel: panaskan butter, masukkan terigu, aduk cepat hingga rata,.
  6. Masukkan cooking cream dan semua keju2an, aduk rata dan tidak bergerindil..
  7. Kalau terlalu kental, tambahkan sedikit susu cair plain. Cicipi rasanya (gurih – ngeju), Angkat.
  8. Penyelesaian: tata spaghetti bolognese didalam pyrex, tuangi atasnya dengan saus bechamel, ratakan, beri taburan daun parsley..
  9. Masukkan pyrex dalam oven api atas bawah kira2 15-20 menit, kemudian pindahkan ke api atas selama 10 menit atau sampai topping saus agak sedikit kecoklatan. (kalau punya torch langsung di torch aja gak perlu pakai api atas lagi) Angkat dan hidangkan.
  10. Note: * isian saus bolognese maupun bechamel bisa ditambah jamur (mis: jamur champignon) utk rasa yg lebih kaya. * cooking cream bisa diganti dengan susu cair putih yg dicampur yoghurt plain ataupun sour cream..

Cara buatnya gampang banget loh, kalian tonton sampai habis di videonya ya. Apasih yang bikin spaghetti ini viral banget? Yang pa Susun rapi spaghetti dalam wadah tahan panas. Lalu susun potongan keju kecil dan oregano bila suka. Semakin menggugah selera bila dinikmati bersama saus pedas dan saus mozarella.

Pos terkait