Resep: Sayur lodeh khas Yogya

Like comments off

Sayur lodeh khas Yogya. gudeg yogya sayur lodeh nangka muda sayur lodeh kluwih sayur lodeh ala sunda lodeh tewel. Sayur lodeh menjadi kreasi makanan bersantan yang patut dicoba di rumah. Matikan kompor, dan sayur lodeh siap disajikan dengan nasi hangat.

Sayur lodeh khas Yogya Daripada hanya membayangkan kenikmatannya, yuk Apalagi sayur lodeh khas Jawa. Ciri khasnya adalah menggunakan tempe yang hampir busuk. Jangan bergidik dulu, rasanya justru lebih nikmat dan.
Kamu dapat membuat Sayur lodeh khas Yogya dengan mudah menggunakan 18 bahan dan 1 langkah. Berikut cara untuk kamu membuat Sayur lodeh khas Yogya anti gagal.

Bahan-bahan untuk membuat Sayur lodeh khas Yogya

  1. Sediakan 1/4 buah nangka muda.
  2. Siapkan 1 buah terong.
  3. Siapkan 1 ikat kacang panjang.
  4. Siapkan segenggam kulit melinjo.
  5. Siapkan segenggam daun melinjo (daun so).
  6. Siapkan 1 papan pete.
  7. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  8. Siapkan 2 lembar salam.
  9. Siapkan 10 buah cabe rawit merah.
  10. Siapkan 1 sct ebi.
  11. Sediakan 1 bks santan kental.
  12. Siapkan 1 sdm gula jawa.
  13. Siapkan Bahan yang dihaluskan :.
  14. Siapkan 3 butir bawang putih.
  15. Sediakan 5 butir bawang merah.
  16. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  17. Siapkan 1 butir miri.
  18. Siapkan sesuai selera garam.

Sayur lodeh (bahasa Jawa: ꦗꦔꦤ꧀ ꦭꦺꦴꦝꦺꦃ, translit. Jangan lodhèh) adalah masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya. Sayur lodeh is an Indonesian vegetable soup prepared from vegetables in coconut milk popular in Indonesia, but most often associated with Javanese cuisine.

Tahap-tahap pembuatan Sayur lodeh khas Yogya

  1. Masak nangka muda sampai terlihat lembut. Sambil menunggu nangka muda agak masak, haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, miri dan garam. Tumis bahan – bahan yang sudah dihaluskan tadi sampai harum. Masukkan sayur sayuran yang telah disiapkan. Masukkan air dan santan dan bahan pelengkap lain. Tambahkan penyedap rasa..

Common ingredients are young unripe jackfruit, eggplant, chayote, melinjo beans and leaves, long beans, green chili pepper. Sayur lodeh dari Jawa Timur memiliki rasa yang khas karena menggunakan bumbu yang banyak dan beragam rempah. Isinya pun lebih variatif Sayur lodeh rebung dan ceker ini memiliki aroma yang khas dengan tambahan petai. Cocok untuk menu harian atau sajian istimewa saat Lebaran. Salah satu makanan khas Indonesia yang paling gemari adalah sayur lodeh.

You might like

About the Author: Tami Situmorang

Kita belajar dari masakan orang lain, lalu kita mulai membuatnya sendiri.