Cara Membuat COTO MAKASSAR (AYAM)

Like comments off

COTO MAKASSAR (AYAM). Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

COTO MAKASSAR (AYAM) Resep Coto Makassar Ayam – Menikmati coto Makassar sekarang masih agak susah, karena masih minimnya penjualnya. Namun sebagian daerah diluar makassar sudah mulai merambah seperti di. Coto Makassar akan lebih nikmat dihidangkan dalam mangkuk bersama dengan ketupat dan buras (sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang), ditambah sambal tauco yang pedas gurih dan agak.
Kamu dapat membuat sendiri COTO MAKASSAR (AYAM) dengan mudah menggunakan 23 bahan dan 8 langkah. Berikut cara untuk kamu membuat COTO MAKASSAR (AYAM) anti gagal.

Bahan-bahan untuk membuat COTO MAKASSAR (AYAM)

  1. Siapkan 1 ekor ayam, dipotong kecil².
  2. Sediakan 200 gr kacang tanah goreng, haluskan.
  3. Sediakan 2 lbr daun salam.
  4. Sediakan 2 lbr daun jeruk.
  5. Siapkan 1 btg daun bawang, iris2.
  6. Siapkan 1 ruas lengkuas, geprek.
  7. Siapkan 1 ltr air (aku pake air dari cucian beras yg ke 2 dan ke 3).
  8. Sediakan 1 potong kecil kayu manis.
  9. Sediakan secukupnya Minyak goreng,.
  10. Sediakan secukupnya Garam,.
  11. Sediakan secukupnya Kaldu ayam bubuk.
  12. Sediakan Bumbu halus.
  13. Sediakan 10 siung bawang merah.
  14. Sediakan 6 siung bawah putih.
  15. Sediakan 1 ruas jahe.
  16. Sediakan 1 ruas lengkuas.
  17. Sediakan 10 btg sereh (putihnya aja).
  18. Siapkan 1 sdt merica bubuk.
  19. Sediakan 1 sdm ketumbar bubuk.
  20. Siapkan Pelengkap.
  21. Sediakan Irisan jeruk nipis.
  22. Sediakan Potongan daun bawang.
  23. Sediakan Bawang goreng.

Konon Coto Makassar sudah ada semenjak zaman kerajaan gowa, pada awalnya Coto Makassar dibuat menggunakan daging sapi yang dihidangkan khusus untuk keluarga kerajaan. Resep coto makassar dan cara membuatnya. Coto makassar termasuk salah satu kuliner khas Resep Mudah Membuat Coto Makassar, Rasanya Gurih dan Segar. Menikmati coto Makassar sekarang masih agak susah, karena masih minimnya penjualnya.

Tahap-tahap pembuatan COTO MAKASSAR (AYAM)

  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Sebelum bumbu2 dihaluskan sebaiknya ditumis dulu setelah semua bumbu diiris2, agar warna coto nanti bs lebih gelap dan bumbu lebih harum (tips).
  3. Setelah bumbu kecoklatan maka blender hingga halus dan tumis hingga harum. Jangan lupa masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas geprek dan kayu manis.
  4. Kemudian masukkan ayam, aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  5. Jangan lupa masukkan daun bawang.
  6. Aduk terus hingga ayam berubah warna agak pucat. Lalu tuang ke dalam panci berisi air yg telah mendidih tadi. (Kelupa foto).
  7. Masukkan kacang goreng halus, garam dan kaldu ayam bubuk. Masak hingga ayam matang..
  8. Setelah mendidih dan ayam masak, angkat dan sajikan dengan pelengkap irisan jeruk nipis, irisan daun bawang, dan bawang goreng.

Namun sebagian daerah diluar makassar sudah mulai merambah seperti di berbagai restoran atau rumah. RESEP COTO MAKASSAR TERENAK lengkap dengan resep sambal tauco. Resep soto ayam gurih seger dan yummi yummi ala kreasi dapurku. Kelezatan Coto Makassar bisa kamu hadirkan di rumah. Ayam Seafood Daging Sayuran Nasi Mie Telur Tahu Tempe.

You might like

About the Author: Tami Situmorang

Kita belajar dari masakan orang lain, lalu kita mulai membuatnya sendiri.