Ide Resep: 12. Brudel Cake Keju Kismis (no mixer)

  • Whatsapp

12. Brudel Cake Keju Kismis (no mixer).

12. Brudel Cake Keju Kismis (no mixer)
Kamu dapat memasak 12. Brudel Cake Keju Kismis (no mixer) dengan menggunakan 11 bahan dan 9 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan 12. Brudel Cake Keju Kismis (no mixer).

Bahan-bahan untuk membuat 12. Brudel Cake Keju Kismis (no mixer)

  1. Kamu butuh 200 gr terigu protein sedang.
  2. Kamu butuh 85 gr gula kastor.
  3. Siapkan 60 gr butter.
  4. Siapkan 25 gr susu bubuk Full Cream.
  5. Siapkan 1 sdt ragi instan.
  6. Kamu butuh 1 sdt vanili susu (boleh vanili cair).
  7. Siapkan 2 butir telur ayam.
  8. Siapkan 80 ml air hangat.
  9. Siapkan 50 gr keju parut.
  10. Kamu butuh 25 gr kismis.
  11. Siapkan 1 sdm margarine untuk olesan akhir.

Instruksi pembuatan 12. Brudel Cake Keju Kismis (no mixer)

  1. Siapkan loyang. Oles dengan margarine tipis-tipis dan ditaburi sedikit terigu. Ini loyang tulban yang saya pakai. Ukuran diameter atas 20cm, bawah 15cm. Tinggi 6 cm. Hasilnya penuh satu loyang. Bisa juga menggunakan loyang lain. Bebas ya..
  2. Siapkan bahan. Telur dan butter dalam keadaan suhu ruang. Bila tak ada gula kastor bisa gunakan gula pasir yang diblender halus..
  3. Aktifkan ragi. Siapkan air hangat suam-suam kuku 80ml di dalam gelas. Tambahkan 1 sdt gula pasir. Gula diambil dari total bahan resep ini. Masukkan 1 sdt ragi dan aduk hingga rata. Tutup gelas, tunggu ragi aktif sekitar 5-10 menit. Tanda ragi telah aktif adalah ketika muncul gelembung di permukaan. Mirip buih kecil begitu. Bila ragi tidak aktif jangan dipakai, ganti yang baru..
  4. Di wadah, siapkan butter dan gula kastor, aduk rata dengan whisker hingga lembut seperti pada foto. Boleh juga menggunakan mixer kecepatan rendah. Hanya asal rata ya, jangan kelamaan. Nanti kue hancur..
  5. Tambahkan telur satu demi satu, aduk dengan whisker hingga adonan homogen dan terlihat lebih lembut daripada sebelumnya..
  6. Setelah itu, tambahkan secara bertahap terigu, susu bubuk dan vanili (yang telah diayak jadi satu) ke dalam adonan. Bergantian dengan cairan ragi. Aduk rata hingga homogen. Diawali dengan terigu, diakhiri dengan terigu juga. Adonan akan terasa berat, whisker boleh diganti dengan spatula plastik/kayu..
  7. Tambahkan keju parut dan kismis. Aduk rata. Sisihkan sedikit keju parut untuk topping. Di sini kismis saya taburi dengan sedikit terigu (tipis aja) supaya kismis bisa tersebar rata di adonan. Bila semua sudah tercampur rata, adonan siap dituang ke dalam loyang..
  8. Diamkan selama 45 menit hingga 1 jam. Tutup loyang dengan plastic wrap, letakkan di pojok dapur yang hangat. Atau bisa juga simpan di dalam oven tertutup. Oven jangan dinyalakan dulu ya. Supaya ragi bisa bekerja. Setelah didiamkan selama 45 menit, adonan akan mengembang 2x. Menjelang 15 menit sebelum proofing selesai, panaskan oven. (Adonan jangan lupa dikeluarkan dulu dari dalam oven ya).
  9. Panggang dengan suhu 175-180Β°C, api atas bawah selama sekitar 12 menit atau hingga matang. Ketika aroma wangi muncul, tandanya cake hampir matang. Lakukan tes tusuk. Punya saya kelamaan dipanggang. Atasnya jadi eksotis begitu. Begitu cake keluar dari oven, segera oles dengan margarine bagian permukaannya agar lembab dan legit. Tunggu hingga agak dingin, baru keluarkan cake dari loyang..

Pos terkait