Resep Mudah Nasi minyak khas Palembang (warna merah)

Like comments off

Nasi minyak khas Palembang (warna merah). Nasi minyak adalah masakan khas Sumatra Selatan berupa olahan nasi yang dimasak dengan minyak samin dan rempah-rempah khas Nusantara dan Timur-Tengah. Sekilas nasi minyak terlihat seperti nasi kebuli. Nasi minyak (Palembang Malay for "oily rice") is an Indonesian dish from Palembang cuisine of cooked rice with minyak samin (ghee) and spices.

Nasi minyak khas Palembang (warna merah) Olahan nasi ini juga disajikan dengan berbagai lauk pauk. Nasi minyak khas Palembang dimasak dengan minyak samin. Selain menggunakan minyak samin, sebagian orang menggantinya dengan mentega.
Kamu dapat membuat Nasi minyak khas Palembang (warna merah) dengan mudah menggunakan 23 bahan dan 4 langkah. Berikut cara untuk kamu membuat Nasi minyak khas Palembang (warna merah) anti gagal.

Bahan-bahan untuk membuat Nasi minyak khas Palembang (warna merah)

  1. Siapkan 1 cangkir gelas beras, cuci dan tiriskan.
  2. Sediakan 1 buah bawang Bombay iris iris.
  3. Sediakan 1/2 buah nanas yang masak, blender halus.
  4. Sediakan 1 buah tomat blender halus.
  5. Sediakan Paket bumbu nasi minyak warna merah cap kapal laut berisi:.
  6. Sediakan 1 bungkus mentega/ minyak samin.
  7. Sediakan 2 sachet saus tomat delmonte.
  8. Sediakan 1 sachet krimer kental manis.
  9. Siapkan Bubuk warna merah nasi minyak cap kapal laut.
  10. Siapkan 50 gr kismis.
  11. Sediakan 1 ruas kecil kayu manis.
  12. Sediakan 3 batang cengkeh.
  13. Sediakan 1 butir kapulaga.
  14. Sediakan 1 buah bunga Lawang/ pekak.
  15. Sediakan Air untuk mengaron nasi.
  16. Sediakan Garam.
  17. Sediakan Gula pasir.
  18. Sediakan Lada bubuk.
  19. Sediakan Kaldu bubuk.
  20. Sediakan Pelengkap.
  21. Sediakan Kerupuk udang.
  22. Sediakan Malbi daging sapi.
  23. Sediakan Acar timun wortel cabe dan bawang merah.

Resep Nasi Minyak Palembang ini kami bagikan buat andi para pecinta masakan Nasi khususnya Nasi Minyak khas Palembang ini. Bagaimana Masak Nasi Minyak Khas Palembang Warna Merah Lengkap Lentera Post Resep Indonesia. Kalau nasi minyak khas Sumatera Selatan hanya dimakan begitu saja dengan lauk pauknya. Konon, Sultan Palembang sering menyantap nasi minyak ini setiap hari Jumat setelah ibadah shalat Jumat dan pada saat-saat tertentu, seperti hajatan atau pesta perayaan lain di kesultanan.

Tahap-tahap pembuatan Nasi minyak khas Palembang (warna merah)

  1. Tumis bawang Bombay dengan minyak Samin hingga harum,masukkan kayu manis,cengkeh,bunga Lawang,kismis dan kapulaga dan bubuk nasi minyak yang berwarna merah,tumis kembali hingga harum.bumbu nasi minyak yang warna merah seperti gambar dibawah ini ya moms..
  2. Masukkan beras aduk rata,tambahkan blenderan tomat dan nanas,aduk Kembali.
  3. Masukkan saus tomat dan krimer kental manis,aduk rata.tambahkan air seperti untuk mengaron nasi ya,jangan terlalu banyak airnya nanti kelembekan nasinya..
  4. Tambahkan garam,gula pasir,lada bubuk dan kaldu bubuk,aduk kembali masak hingga air menyusut, selanjutnya pindahkan nasi ke dalam kukusan.kukus hingga nasi matang dan nasi minyak khas Palembang siap untuk disajikan.sajikan bersama malbi daging sapi, kerupuk udang dan acar.šŸ˜‰.

Nomorsiapa.com – Nasi minyak khas palembang ada dua warna, kuning dan kemerahan. Rasanya sama saja, cuma beda warna aja. Nasi minyak khas palembang yang nikmat Cara Membuat Nasi Minyak/Nasi samin khas Palembang. Terpikat dengan resepi nasi minyak dari sumber anekaresepnusantaraok.blogspot.my.

You might like

About the Author: Tami Situmorang

Kita belajar dari masakan orang lain, lalu kita mulai membuatnya sendiri.