Resep: Tengkleng Kambing khas Solo

1 Like comments off

Tengkleng Kambing khas Solo. Resep Tengkleng Kambing Sederhana Khas Solo Spesial Asli Enak. Cara masak daging kambing agar tidak bau Resep tengkleng kambing khas solo Olahan daging kambing Masakan tradisional Tengkleng daging kambing bumbu. Tulang dan jeroan kambing enak diolah jadi tengkleng kambing khas Solo.

Tengkleng Kambing khas Solo Dulunya orang Indonesia mengolah tulang dan jeroan kambing karena. Sekilas mirip gulai, tengkleng kambing memiliki penggemarnya tersendiri. Pasalnya, tengkleng menggunakan tulang dan jeroan kambing, bukan Maka dari itu, IDN Times bakal membagikan resep tengkleng kambing khas Solo yang sedap.
Kamu dapat membuat Tengkleng Kambing khas Solo dengan mudah menggunakan 17 bahan dan 6 langkah. Berikut cara untuk kamu membuat Tengkleng Kambing khas Solo anti gagal.

Bahan-bahan untuk membuat Tengkleng Kambing khas Solo

  1. Siapkan 1-2 kg daging kambing mix.
  2. Siapkan Bumbu halus :.
  3. Siapkan 8 siung besar bamer.
  4. Sediakan 6 siung baput.
  5. Siapkan 1 ruas kunyit.
  6. Siapkan 4 butir kemiri.
  7. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  8. Sediakan 1/2 sdt Jinten.
  9. Sediakan Bumbu lainnya :.
  10. Sediakan 2 btg sereh geprek.
  11. Siapkan 1 ruas jahe geprek.
  12. Sediakan 1 ruas lengkuas geprek.
  13. Siapkan 2 lbr daun salam.
  14. Sediakan 5 lbr daun jeruk.
  15. Sediakan 5 sdm Air asam jawa.
  16. Sediakan 2 sdm gula jawa.
  17. Sediakan secukupnya Garam, kaldu bubuk, dan gula pasir.

Saat ini akan kita informasikan tentang resep yang akan digunakan dalam memasak gule daging kambing. Masakan ini memang tidak asing lagi dilidah kita, karena gule merupakan masakan yang sering kita jumpai di warung-warung maupun restoran-restoran. Makanan khas kota Solo adalah sate kambing, nasi liwet, nasi timlo, nasi gudeg dan gudeg cakar, pecel desa, cabuk rambak, bestik solo, selat Solo, bakso solo, serabi solo, intip,tengkleng solo, roti mandarin, sosis solo, kambing guling, sate buntel, sate kere dan lain – lain. Tengkleng adalah olahan kambing berkuah seperti gule yang sudah terkenal.

Tahap-tahap pembuatan Tengkleng Kambing khas Solo

  1. Rebus daging kambing dgn air sebentar, buang air rebus.an nya. Lalu rebus lagi dgn air yg banyak diberi daun salam. Didihkan yg lama.
  2. Ulek bumbu halusnya..
  3. Setelah rebusan daging udah agak lama. Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya hingga harum..
  4. Lalu campurkan bumbu tumis ke dalam rebusan daging kambing, tambahkan juga daun jeruknya. Biarkan hingga mendidih dan bumbu meresap..
  5. Tambahkan gula jawa, air asam jawa, garam, kaldu dan gula pasir secukupnya…
  6. Sambil di tes rasanya yaa. Jadi rasanya itu seger banget.. asin gurih tapi tidak terlalu asin, terus agak asem2 tapi tidak terlalu terasa, dan manisnya agak hampa.. selamat mencoba.

Pencarian Terkait. tengkleng kambing khas solo sleman •. Resep tengkleng kambing, kali ini yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Tengkleng merupakan sejenis sup yang dibuat dengan bahan utama yang berbahan dasar daging, jeroan atau tulang kambing. Tengkleng adalah seperti gulai tapi tengkleng berbeda dengan gulai dan kuah tengkleng tidak sekental gulai kambing ini merupakan masakan khas Solo. Berbeda dengan gule kambing, tengkleng khas Solo ini menggunakan tulang belulang kambing (sedikit daging).

You might like

About the Author: Tami Situmorang

Kita belajar dari masakan orang lain, lalu kita mulai membuatnya sendiri.